Update : 12 Feb 2022
Target : Dosen, Tenaga Kependidikan & Unit Kerja *
(tidak berlaku untuk alumni & mahasiswa, zoom untuk mahasiswa adalah Basic)
Panduan Pengggunaan Zoom UGM dibagi menjadi 2 buah bagian.
Bagian Pertama adalah penggunaan Zoom dengan Web Browser dan
Bagian Kedua adalah penggunaa Zoom dengan Aplikasi Zoom yg diinstall
Spesifikasi Teknis Zoom yang akan digunakan :
– kapasitas maksimal 300
– tanpa limit waktu
– dapat digunakan untuk kuliah, rapat dll ( selama sesuai dengan kapasitas )
– rekaman tersimpan 5 hari ( h+5)
– jika file recording penting, segera download, atau kami bantu hapus dari cloud
– space cloud harus selalu tersedia, agar Zoom Edu UGM dapat berjalan dengan baik di semua akun
Catatan :
untuk akun email @ugm atau @mail.ugm Dosen yang pernah membeli lisensi secara personal/unit kerja dan berstatus sebagai Owner lisensi, sementara ini tidak bisa bergabung dalam Zoom UGM.
Silahkan menggunakan lisensi sebelumnya, atau
menghubungi vendor untuk dicabut status nya sebagai Owner / Refund atau
ikuti panduan Change Owner disini atau
Terminate My Account dari dashboard akun andaAkun akan mengalami error seperti berikut, jika salah satu diatas belum dilakukan :
Something went wrong while you tried signing in with SSO
Bagian Pertama
- Buka Web Browser
- Buka ugm-id.zoom.us
- Pilih Sign In
tahap ini akan tampil :
Halaman SSO UGM atau
Halaman Halaman konfirmasi Ganti Zoom Account / Domain yang berbeda
jika masuk pada Halaman SSO UGM
– Isikan Username dan Password
– Pilih Login
– Selanjut nya akan sampai ke Dashboard Zoom
jika masuk ke Halaman konfirmasi Ganti Zoom Account / Domain yang berbeda
– Pilih ( bawah ) Switch to the New Accout
– Kemudian Pilih : I Acknowledge and Switch
– Muncul Konfirmasi Zoom telah mengirimkan email
– Lihat Inbox email
– Buka Email dari Zoom dengan Subject : Confirm the requested change
– pilih Tombol Biru Switch to the New Account
– muncul Konfirmasi Switch to the New Account
– pilih i Acknowledge and Switch
– selesai dan Pilih tombol Sign In Now
– dashboard zoom akan tampil
————————————————–
Bagian Kedua
Aplikasi Zoom
( Jangan lupa untuk Update, agar mendapatkan Fitur Zoom terbaru )
– buka Aplikasi Zoom
– pilih Sign In
– pilih Sign in with SSO
– isikan Your company domain dengan : ugm-id
– pilih tombol biru Continue
– pilih tombol Open zoom.us.app ( pada pop up yang muncul ) atau
– pilih tombol biru Launch Zoom
– Dashboard Zoom akan tampil
________________________________
Panduan Personal Link
1. Login ugm-id.zoom.us
2. pilih Profile
3. scroll pada bagian Personal Link
4. pilih Customize
5. isikan nama anda, contoh : fulan
6. pilih Save change
link akan menjadi https://ugm-id.zoom.us/my/fulan
Pastikan anda mengetahui Passcode Personal Link, yang dapat dilihat pada :
menu Settings – scroll sampai Personal Meeting ID (PMI) dan lihat pada Passcode
* Penggunaan akun Unit Kerja tanpa pemberitahuan ke DSSDI, tidak mendapatkan support dan dapat dinon aktifkan sewaktu waktu
Zoom Kapasitas 1000 dan 500 : ugm.id/zoomlarge ( hanya untuk pic/host dengan email @ugm.ac.id )
status antrian : http://ugm.id/zoomlargeStatus
lisensi zoom 1000 : 2
lisensi zoom 500 : 2
lisensi zoom webinar 500 : 0jika dalam daftar http://ugm.id/zoomlargeStatus zoom 1000 terpakai antrian sebelumnya, akan di assign 500.
pemberian lisensi adalah first come first serve
disclaimer :
pengguna zoom selain dari yang disebut di atas dalam baris Target ( Alumni dll ), tidak menerima support penggunaan aplikasi zoom dan akan dilakukan penonaktifan/disabled akses zoom dan akses ke aplikasi lain dari Akun UGM yang dimiliki, saat terjadi penggunaan Zoom UGM untuk publik dan menayangkan link beserta password pada sosial media.
akun email virtual tidak dapat digunakan untuk zoom