Ide utama Layanan Speedy VLAN UGM adalah memberi nilai tambah pada pelanggan paket speedy telkom dengan jalan pintas ke Resource UGM. Dengan metode speedy vlan UGM, maka bandwidth internet UGM yang agak longgar di malam hari, sebagian dapat dialihkan ke jalur speedy VLAN UGM, sehingga dapat dipergunkan bagi pengguna speedy telkom yang bergabung dalam Speedy VLAN UGM.
Apa syarat teknis yang diperlukan untuk menggunakan layanan ini ? Anda harus mempunyai jaringan telepon kabel dan anda sudah berlangganan salah satu paket speedy telkom
Keuntungan yang didapatkan dari segi teknis yaitu pertama anda akan dapat mengakases jaringan intranet UGM karena dengan VLAN ini, routing dari Speedy rumah langsung dimasukkan ke jaringan kampus UGM. Kedua anda tidak akan dibatasi quota ataupun time based seperti yang ada dalam beberapa paket speedy telkom. Kekurangannya adalah bandwidth yang terbatas pada siang hari (pk 07.00 – 18.00) karena bandwidth UGM digunakan untuk kegiatan perkuliahan.
Siapa yang berhak menggunakan layanan ini ? Sasaran utama pengguna speedy VLAN UGM adalah para dosen UGM, dengan harapan akan mendapatkan bandwidth yang cukup besar untuk mengakses jurnal dan akses resource digital yang ada di datacenter (server) UGM. Tetapi dengan berkembangnya proses bisnis dan otomasi perkantoran, layanan ini juga dapat digunakan oleh staff yang terlibat di dalam penggunaan, pemeliharaan dan pengambangan Teknologi Informasi.
Apabila anda menghendaki bergabung dalam Speedy VLAN UGM anda dapat mengirim surat, ditujukan kepada kepala PSDI UGM dengan mencantumkan data langgan spedy anda seperti contoh :
no : 1
Nama Dosen : Fulan
Nip : 131131131231
ID email UGM : fulan@ugm.ac.id
No Telpon : 555666
Telpon Atas Nama : Fulansari
Nomor ID Speedy : 1021111555555
Bagi pengguna, atau apabila anda ingin bergabung ada beberapa hal teknis terutama untuk setting modem yang harus anda pahami. Sebagai informasi walaupun anda menggunakan speedy vlan UGM anda juga masih dapat menggunakan Speedy Telkom anda hanya dengan cara mengatur (setting) user id yang anda gunakan untuk login dial up. Apabila ada permasalahan teknis terhadap speedy VLAN UGM anda, dapat menghubungi helpdesk telkom di nomer telpon : 08001835566. Tutorial berikut ini dapat anda download untuk mempermudah anda melakukan setting (pengaturan).
Setelah mendaftar ke PSDI terus bagaimana prosesnya? PSDI akan meneruskan permintaan ke Telkom hari itu juga karena ada engineer Telkom yang berkantor di PSDI. Petugas dari Telkom akan datang ke rumah anda pada hari kerja untuk melakukan setting modem di rumah. Hal ini untuk menghindari kesalahan setting modem agar tidak terjadi kesalahan billing (sudah langganan speedy VLAN UGM tapi tetap ditagih banyak.
Bisakah saya mengatur modem saya sendiri? Bagi pengguna, atau apabila anda ingin bergabung ada beberapa hal teknis terutama untuk setting modem yang harus anda pahami. Sebagai informasi walaupun anda menggunakan speedy vlan UGM anda juga masih dapat menggunakan Speedy Telkom anda hanya dengan cara mengatur (setting) user id yang anda gunakan untuk login dial up. Apabila ada permasalahan teknis terhadap speedy VLAN UGM anda, dapat menghubungi helpdesk telkom di nomer telpon : 08001835566. Tutorial berikut ini dapat anda download untuk mempermudah anda melakukan setting (pengaturan).
Saya sudah ikut Speedy VLAN UGM, mengapa saya tetap ditagih melebihi seharusnya? Jangan dibayar dulu, hubungi nomer diatas atau datang ke Telkom kota baru bagian corporate (unit entreprise). Bisa menemui ibu Tya. Jangan menemui petugas di plasa/front desk, karena itu ditujukan buat pelanggan personal. UGM termasuk pelanggan corporate.
{fcomment}