• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik

Pendaftaran hosting untuk UNIT KERJA

Prosedur Saturday, 23 May 2015

  1. Penanggunjawab membuat surat permohonan hosting yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  2. Surat permohonan ditandatangani oleh ketua/penanggungjawab, dengan sepengetahuan pejabat struktural yang ada:
    • Wakil Dekan terkait atau Dekan untuk Fakultas
    • Wakil Direktur atau Direktur untuk Direktorat
    • Ketua Pusat Studi untuk Pusat Studi
  3. Di dalam surat permohonan harap dicantumkan nama lengkap, nomor hp, email ugm penanggung jawab hosting yang sedang diajukan.
  4. Surat permohonan yang sudah dibubuhi stempel resmi bisa dikirimkan melalui email ke layanantik@ugm.ac.id atau dssdi@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  5. Apabila surat permohonan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka hosting akan secepatnya dibuatkan oleh petugas pelayanan dan informasi username dan password akan dikirimkan ke kontak email yang dicantumkan dalam surat permohonan.

Pendaftaran hosting untuk Dosen-Tenaga Kependidikan

Prosedur Wednesday, 20 May 2015

  1. Pemohon/Pendaftar alamat hosting/domain baru dapat mendaftarkan alamat hosting/domain yang dimaksud dengan datang langsung ke DSDI UGM atau mengirimkan email ke dsdi@ugm.ac.id atau mengirimkan permohonan ke http://aspirasi.ugm.ac.id dengan mencantumkan Nomor Identitas Pegawai, email UGM, dan nomor HP.

Pendaftaran email untuk UNIT KERJA

Prosedur Tuesday, 19 May 2015

  1. Pimpinan Unit Kerja (unit-unit dibawah fakultas) membuat surat pengajuan email yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  2. Surat permohonan ditandatangani oleh pimpinan unit kerja, serta dicantumkan alamat email dan nomor HP penanggungjawab email tersebut.
  3. Surat permohonan ditandatangani dengan sepengetahuan pejabat struktural yang ada :
    • Wakil Dekan terkait atau Dekan untuk Fakultas
    • Wakil Direktur atau Direktur untuk Direktorat
    • Ketua Pusat Studi untuk Pusat Studi
  4. Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke dssdi@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  5. Petugas layanan akan sesegera mungkin membuatkan email setelah surat diterima di bagian layanan..
  6. Akun email bersifat virtual / milis (dssdi.ugm.ac.id/akun-email-virtual)
  7. Tidak digunakan untuk akses Google Drive / Office 365
.

Pendaftaran email untuk Unit Kegiatan Mahasiswa

Prosedur Tuesday, 19 May 2015

  1. Pengurus/Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa membuat surat pengajuan email yang ditujukan ke Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  2. Surat permohonan ditandatangani oleh ketua Unit Kegiatan Mahasiswa dan diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Akademik (atau wakil dekan yang membawahi UKM di Fakultas), serta dicantumkan alamat email dan nomor HP penanggungjawab email UKM tersebut.
  3. Surat permohonan bisa dikirimkan melalui email ke dssdi@ugm.ac.id (surat yang sudah discan) atau diantar langsung ke Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM.
  4. Apabila surat permohonan dinilai sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, maka akun email akan secepatnya dibuatkan oleh petugas pelayanan.

Pendaftaran email untuk Mahasiswa

Prosedur Tuesday, 19 May 2015

Update 13 Juli 2022
Email mahasiswa didapatkan saat klaim akun simaster
silahkan menuju laman um.ugm.ac.id

INFORMASI INI SUDAH TIDAK BERLAKU sejak Juli 2022

  1. Pemohon/Pendaftar alamat email baru dapat mendaftarkan alamat email yang diinginkan dengan mengisi formulir pendaftaran di https://mail.ugm.ac.id/nwmail/
  2. Pemohon/Pendaftar harus menggunakan alamat email yang mengandung nama asli dari pemohon/pendaftar.
  3. Formulir yang telah diisi akan diperiksa keabsahan datanya oleh Petugas Layanan.

Pendaftaran email untuk Dosen-Tenaga Kependidikan

Prosedur Tuesday, 19 May 2015

Email Dosen / Staff :

  1. Untuk Alumni Universitas Gadjah Mada :
    1. menggunakan akun yang sudah ada ( akun mahasiswa )
    2. kapasitas email akan disesuaikan
    3. akan diberikan alias ke @ugm.ac.id dan alias username ( sesuai request )
    4. kirim permintaan alias / penyesuaian ke dti@ugm.ac.id
  2. Untuk non Alumni Universitas Gadjah Mada :
    1. pastikan data sudah di input oleh Enumerator SDM Unit Kerja
    2. pastikan data sudah dapat dicari di Admin Simaster
    3. segera email dti@ugm.ac.id jika menginginkan username tertentu
    4. email akan menggunakan domain @ugm.ac.id
    5. email yang sudah dibuat, tidak dapat diganti
.

Permintaan Lisensi Microsoft Office untuk Dosen – Tenaga Kependidikan

Prosedur Tuesday, 19 May 2015

Silahkan login menggunakan email UGM di http://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket untuk panduan aktivasi Microsoft Office.

.

Rekruitmen Developer Freelance DSSDI 2015

Rilis Berita Monday, 11 May 2015

Deadline : 22 Mei 2015

Persyaratan Umum:
1. Mahasiswa minimal semester 5 atau lulusan D3/S1 jurusan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, atau Teknologi Informasi
2.

Layanan Penyediaan Teleconference

Prosedur Wednesday, 6 May 2015

PELAYANAN PENYEDIAAN TELECONFERENCE


  1. Pengguna mengajukan permohonan ditujukan kepada KaPPTIK melalui surat/email/helpdesk PLO PSDI;
  2. Permohonan diterima PSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan harus memuat informasi ;
    • Jumlah peserta;
    • Waktu uji koneksi;
    • Waktu pelaksanaan;
    • Kontak teknis kedua belah pihak (sisi UGM dan sisi lawan konferensi).
  3. Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, PSDI harus menginformasikan keadaan tersebut kepada Pengguna untuk dipertimbangkan alternatif pelaksanaannya;
  4. Kontak Teknis PSDI akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Teleconference;
  5. PSDI melayani penggunaan fasilitas Teleconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis apabila diperlukan dan bertanggung jawab (dari sisi teknis) menjaga kelancaran pelaksanaan Teleconference.
.

Layanan Penyediaan Nomor Telepon Berbasis IP (VOIP)

Prosedur Wednesday, 6 May 2015

LAYANAN PENYEDIAAN NOMOR TELEPON BERBASIS IP (VOIP)


  1. Calon pengguna mengisi formulir permohonan nomor VOIP (FO-UGM-TIK-06- 01);
  2. Petugas menindaklanjuti permohonan dengan memvalidasi calon pengguna;
  3. Pengguna kemudian mendapatkan nomor yang diberikan oleh petugas;
  4. Nomor siap dipakai.
.
1…1516171819…22

Tutorial

  • Surat Edaran
  • Update Informasi tentang Internet
  • Update Simaster vNEXT Student
  • UPDATE Presensi di Simaster
  • NotebookLM: AI Pendamping Riset dan Pembelajaran bagi Sivitas UGM
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Palawa
  • Unggah Mandiri UGM
  • Electronics Thesis Disertations
  • Pendaftaran KKN UGM
  • Direct Access Journal
  • Desain Integrasi SI UGM

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada