• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik
  • Home
  • Rilis Berita

JAR09 – Layanan Pemeliharaan FO

  • Rilis Berita
  • 24 August 2016, 08.36
  • By : ghufran.asrofi

JAR09 – Layanan Pemeliharaan FO

Revisi Terakhir : 8 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Teknisi pelaksana lapangan melakukan pengecekan koneksi ke lapangan;
  2. Teknisi pelaksana lapangan membuat laporan kepada piminan mengenai kondisi jaringan fiber optic di lapangan;
  3. Jika ditemukan masalah dalam laporan maka Kepala Seksi Infrastruktur dan Jaringan akan membuat prioritas pekerjaan untuk menyelesaikanya.

Aturan :

  1. Perawatan rutin
    1. perangkat SKSO/OLTE meliputi:
      • Pengecekan, pengetesan, dan pembersihan kabel fiber optic (splicer), alat ukur kabel fiber optic (OTDR), generator set, mobil SKSO, alat komunikasi (talk set), power meter, dan sarana penunjang lainnya.
      • Pengecekan Manhole/Handhole.
      • Patroli kabel fiber optic tanah (Buried Cable).
      • Patroli kabel fiber optic udara (Aireal Cable).
      • Pengukuran tegangan input maupun output perangkat OLTE.
      • Pengukuran core yang kosong meliputi : mendeteksi peningkatan loss kabel(db/km), mendeteksi peningkatan loss pada titik sambung, mendeteksi kerusakan fisik kabel fiber optic (lokalisir gangguan), pengukuran Optical Output Power OLTE.
      • Pengukuran BER (Bit error Rate) tingkat E-1 atan STM-1 yang idle, alarm test, pengukuran sensitivitas dan margin receiver.
    2. Pemeliharaan jaringan kabel fiber optic meliputi :
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel udara;
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel tanah;
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel duct.
  2. Pemeliharaan insidentil
    1. Pemeliharaan insidentil Perangkat SKSO/OLTE
      Pemeliharaan insidentil Perangkat SKSO/OLTE dilakukan apabila terjadi gangguan pada modul/perangkat, untuk mengatasi hal ini maka modul yang mengalami alarm segera diganti.
    2. Pemeliharaan insidentil jaringan kabel fiber optic
      Pemeliharaan insidentil pada kabel fiber optic terjadi apabila kabel fiber optic yang digunakan sebagai media transmisi terputus. Kabel fiber optic dapat terputus karena terkena senapan angin, gesekan benang layang-layang, proyek pemerintah dan kegiatan masyarakat.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp. (0274) 515660 | Fax. (0274) 515664

Related Posts

Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams

Tutorial Monday, 24 November 2025

Penting sebelum memulai

Breakout Rooms adalah ruang virtual terpisah yang dibuat oleh penyelenggara (dosen atau pengajar) di dalam rapat utama yang sedang berlangsung.

Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom

Tutorial Monday, 24 November 2025

Dewasa ini, penggunaan platform daring atau komunikasi berbasis video sangat lazim digunakan. Selain zoom meeting dengan kapasitas basic yang terbatas dan berdurasi sekitar 40 menit, serta google meet yang umumnya terbatas sampai 100 peserta yang hadir dalam rapat, terdapat alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan tersebut. 

Alternatif tersebut tersedia dalam Microsoft Teams 365 UGM.

Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace

Tutorial Monday, 24 November 2025

Secara umum, Google Meet sudah terintegrasi dengan ekosistem Google Workspace (Gmail, Calendar, Drive). Oleh karena itu, pengalaman rapat seringkali terasa mulus jika Anda sudah login ke akun Google, khususnya ketika menggunakan Google Workspace UGM.

Maintenance Website

Update Friday, 25 July 2025

Kepada Para Pengelola Laman Web di UGM,

Pada Jumat, 25 Juli 20205, pukul 15.00 – 17.00 WIB akan dilakukan maintenance infrastruktur website,

sehingga beberapa/banyak website akan terkena dampak maintenance dan tidak dapat diakses.

atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

.

Tutorial

  • Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams
  • Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom
  • Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace
  • Maintenance Website
  • Workshop Manajemen Ruang Untuk Penjadwalan Kuliah
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Electronics Thesis Disertations
  • Direct Access Journal

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju