• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik
  • Home
  • Rilis Berita

JAR09 – Layanan Pemeliharaan FO

  • Rilis Berita
  • 24 August 2016, 08.36
  • By : ghufran.asrofi

JAR09 – Layanan Pemeliharaan FO

Revisi Terakhir : 8 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Teknisi pelaksana lapangan melakukan pengecekan koneksi ke lapangan;
  2. Teknisi pelaksana lapangan membuat laporan kepada piminan mengenai kondisi jaringan fiber optic di lapangan;
  3. Jika ditemukan masalah dalam laporan maka Kepala Seksi Infrastruktur dan Jaringan akan membuat prioritas pekerjaan untuk menyelesaikanya.

Aturan :

  1. Perawatan rutin
    1. perangkat SKSO/OLTE meliputi:
      • Pengecekan, pengetesan, dan pembersihan kabel fiber optic (splicer), alat ukur kabel fiber optic (OTDR), generator set, mobil SKSO, alat komunikasi (talk set), power meter, dan sarana penunjang lainnya.
      • Pengecekan Manhole/Handhole.
      • Patroli kabel fiber optic tanah (Buried Cable).
      • Patroli kabel fiber optic udara (Aireal Cable).
      • Pengukuran tegangan input maupun output perangkat OLTE.
      • Pengukuran core yang kosong meliputi : mendeteksi peningkatan loss kabel(db/km), mendeteksi peningkatan loss pada titik sambung, mendeteksi kerusakan fisik kabel fiber optic (lokalisir gangguan), pengukuran Optical Output Power OLTE.
      • Pengukuran BER (Bit error Rate) tingkat E-1 atan STM-1 yang idle, alarm test, pengukuran sensitivitas dan margin receiver.
    2. Pemeliharaan jaringan kabel fiber optic meliputi :
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel udara;
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel tanah;
      • Patroli jaringan kabel fiber optic kabel duct.
  2. Pemeliharaan insidentil
    1. Pemeliharaan insidentil Perangkat SKSO/OLTE
      Pemeliharaan insidentil Perangkat SKSO/OLTE dilakukan apabila terjadi gangguan pada modul/perangkat, untuk mengatasi hal ini maka modul yang mengalami alarm segera diganti.
    2. Pemeliharaan insidentil jaringan kabel fiber optic
      Pemeliharaan insidentil pada kabel fiber optic terjadi apabila kabel fiber optic yang digunakan sebagai media transmisi terputus. Kabel fiber optic dapat terputus karena terkena senapan angin, gesekan benang layang-layang, proyek pemerintah dan kegiatan masyarakat.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp. (0274) 515660 | Fax. (0274) 515664

Related Posts

Surat Edaran

Update Wednesday, 16 April 2025

Berikut Surat Edaran untuk Penggunaan Piranti Lunak Legal
SE_legal

.

Update Informasi tentang Internet

Update Tuesday, 25 March 2025

Ada 2 informasi baru di knowledge base kategori Internet tentang Panduan Login UGM Secure dan Penggunaan VPN.

Knowledge base dapat diakses melalui tautan Knowledge Base

Panduan Login UGM Secure dapat diakses melalui tautan UGM Secure

Panduan Penggunaan VPN dapat diakses melalui tautan VPN

.

Update Simaster vNEXT Student

Update Monday, 10 March 2025

kakak kakak Student di Universitas Gadjah Mada… jangan lupa Simaster vNEXT Student sudah update ke versi 1.4.3 (Build 29) per 9 Maret 2025
segera update dan nikmati pengalaman terbaru menggunakan Simaster vNEXT Student

.

UPDATE Presensi di Simaster

Update Thursday, 27 February 2025

Fitur Presensi di Aplikasi Simaster akan dinonaktifkan secara bertahap pada pertengahan Bulan April.

Tutorial

  • Surat Edaran
  • Update Informasi tentang Internet
  • Update Simaster vNEXT Student
  • UPDATE Presensi di Simaster
  • NotebookLM: AI Pendamping Riset dan Pembelajaran bagi Sivitas UGM
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Palawa
  • Unggah Mandiri UGM
  • Electronics Thesis Disertations
  • Pendaftaran KKN UGM
  • Direct Access Journal
  • Desain Integrasi SI UGM

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada