• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik
  • Home
  • Rilis Berita

KOM02 – SOP Pendaftaran Email @ugm.ac.id untuk Unit Kegiatan Mahasiswa

  • Rilis Berita
  • 11 August 2016, 08.57
  • By : ghufran.asrofi

KOM02 – SOP Pendaftaran Email @ugm.ac.id untuk Unit Kegiatan Mahasiswa

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa mengirim surat ke DSSDI tentang permintaan pembuatan email dengan menyertakan kontak person / penanggung jawab email dan diketahui Wakil Dekan terkait atau Dekan untuk Fakultas, Wakil Direktur atau Direktur untuk Direktorat, Ketua Pusat Studi untuk Pusat Studi
  2. Direktur DSSDI menerima dan mendelegasikan surat ke petugas pembuat email.
  3. Petugas melakukan pengecekan ulang apakah alamat email yang diminta, jika sudah ada,
    petugas akan memberitahukan ke kontak person untuk mengganti, jika belum ada,
    petugas akan membuat alamat email yang diminta.
  4. Petugas mengirim notifikasi/pemberitahuan ke kontak person UKM.

 

Aturan :

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai pemilik email mempunyai hak penuh untuk menggunakan layanan dengan memperhatikan aturan dan prosedur yang berlaku.
  2. Segala sesuatu yang menyangkut data pihak pengguna tidak akan dipublikasikan oleh DSSDI ke pihak manapun.
  3. Data Unit Kegiatan Mahasiswa pendaftar harus sudah terdaftar di Sistem Informasi terkait.
  4. Segera melengkapi kekurangan data yang diperlukan untuk aktivasi
    ( maksimal 1 bulan dari tanggal aktivasi )
  5. Format alamat email mengacu ke format baku seperti yang telah ditetapkan Universitas.
  6. Pihak pengguna bertanggung jawab atas kerahasiaan password email.
  7. DSSDI tidak bertanggung jawab terhadap password pengguna, termasuk didalamnya apabila diketahui oleh pihak yang tidak memiliki hak sebagai pengguna.
  8. Pihak pengguna disarankan memilih password yang aman
    ( gabungan antara angka dan huruf, huruf besar dan kecil serta karakter lain ) dan menggantinya setiap periode tertentu dengan aplikasi yang telah disediakan.
  9. Apabila pengguna lupa password, penanggung jawab administratif maupun pejabat teknis bisa menghubungi DSSDI pada jam kerja.
  10. DSSDI tidak bertanggung jawab atas rusak/hilang nya data pihak pengguna secara disengaja atau tidak sengaja yang disebabkan oleh pihak manapun.
  11. DSSDI tidak menyediakan backup untuk semua data pengguna yang disimpan di mail server.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp. (0274) 515660 | Fax. (0274) 515664

Related Posts

Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams

Tutorial Monday, 24 November 2025

Penting sebelum memulai

Breakout Rooms adalah ruang virtual terpisah yang dibuat oleh penyelenggara (dosen atau pengajar) di dalam rapat utama yang sedang berlangsung.

Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom

Tutorial Monday, 24 November 2025

Dewasa ini, penggunaan platform daring atau komunikasi berbasis video sangat lazim digunakan. Selain zoom meeting dengan kapasitas basic yang terbatas dan berdurasi sekitar 40 menit, serta google meet yang umumnya terbatas sampai 100 peserta yang hadir dalam rapat, terdapat alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan tersebut. 

Alternatif tersebut tersedia dalam Microsoft Teams 365 UGM.

Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace

Tutorial Monday, 24 November 2025

Secara umum, Google Meet sudah terintegrasi dengan ekosistem Google Workspace (Gmail, Calendar, Drive). Oleh karena itu, pengalaman rapat seringkali terasa mulus jika Anda sudah login ke akun Google, khususnya ketika menggunakan Google Workspace UGM.

Maintenance Website

Update Friday, 25 July 2025

Kepada Para Pengelola Laman Web di UGM,

Pada Jumat, 25 Juli 20205, pukul 15.00 – 17.00 WIB akan dilakukan maintenance infrastruktur website,

sehingga beberapa/banyak website akan terkena dampak maintenance dan tidak dapat diakses.

atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

.

Tutorial

  • Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams
  • Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom
  • Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace
  • Maintenance Website
  • Workshop Manajemen Ruang Untuk Penjadwalan Kuliah
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Electronics Thesis Disertations
  • Direct Access Journal

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju