• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik
  • Home
  • Rilis Berita

KOM05 – SOP Email untuk Mahasiswa

  • Rilis Berita
  • 11 August 2016, 11.06
  • By : ghufran.asrofi

KOM05 – SOP Pendaftaran Email @ugm.ac.id untuk Mahasiswa

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Pemohon/Pendaftar alamat email baru dapat mendaftarkan alamat email yang diinginkan dengan mengisi formulir pendaftaran di https://mail.ugm.ac.id/nwmail/.
  2. Pemohon/Pendaftar harus menggunakan alamat email yang mengandung nama asli dari pemohon/pendaftar.
  3. Formulir yang telah diisi akan diperiksa keabsahan datanya oleh Petugas Layanan. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara:
    1. Petugas Pelayanan mencocokkan data verifikasi yang diisikan dengan data yang ada di Universitas.
    2. Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai Mahasiswa UGM, verifikasi dapat dilakukan oleh Petugas dengan mencocokkan data yang ada di SIREG. Bila data sesuai, maka petugas akan memberikan persetujuan dan melakukan aktivasi akun tanpa perlu meminta kehadiran pengguna. Bila data tidak sesuai atau tidak ditemukan maka pemohon/pendaftar harus datang di DSSDI untuk melengkapi kekurangan data yang diperlukan untuk aktivasi.
    3. Bagi pemohon/pendaftar yang statusnya sebagai Mahasiswa Asing, pendaftar/pemohon tetap diminta untuk menunjukkan identitas yang berlaku di UGM, atau ada surat keterangan yang menunjukkan yang bersangkutan adalah mahasiswa yang sedang belajar di UGM;
  4. Bila lebih dari dua(2) bulan dari saat pengajuan/pendaftaran email pengguna belum melengkapi kekurangan data yang diperlukan, maka berakibat akun email belum bisa diaktifkan, maka akun email yang ada di antrian akan dihapus;

Aturan :

  1. Pihak DSSDI menyediakan layanan email secara gratis kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada.
  2. Pemberian nama email harus mewakili nama pengguna yang bersangkutan dan atas persetujuan DSSDI.
  3. Masa berlaku layanan email untuk mahasiswa bersifat permanen.
  4. Pengelola tidak bertanggung jawab atas perselisihan internal yang mungkin akan terjadi atas wewenang pengelolaan email.
  5. Jika terjadi perselisihan, maka email dibekukan sementara.
  6. Pihak pengguna layanan email mendapatkan dukungan secara teknis dari DSSDI.
  7. Pihak DSSDI berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti mencabut, membekukan, dan lain-lain, atas email yang telah didelegasikan apabila aturan yang telah ditetapkan tidak dipenuhi dan dilaksanakan.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp. (0274) 515660 | Fax. (0274) 515664

Related Posts

Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams

Tutorial Monday, 24 November 2025

Penting sebelum memulai

Breakout Rooms adalah ruang virtual terpisah yang dibuat oleh penyelenggara (dosen atau pengajar) di dalam rapat utama yang sedang berlangsung.

Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom

Tutorial Monday, 24 November 2025

Dewasa ini, penggunaan platform daring atau komunikasi berbasis video sangat lazim digunakan. Selain zoom meeting dengan kapasitas basic yang terbatas dan berdurasi sekitar 40 menit, serta google meet yang umumnya terbatas sampai 100 peserta yang hadir dalam rapat, terdapat alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan tersebut. 

Alternatif tersebut tersedia dalam Microsoft Teams 365 UGM.

Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace

Tutorial Monday, 24 November 2025

Secara umum, Google Meet sudah terintegrasi dengan ekosistem Google Workspace (Gmail, Calendar, Drive). Oleh karena itu, pengalaman rapat seringkali terasa mulus jika Anda sudah login ke akun Google, khususnya ketika menggunakan Google Workspace UGM.

Maintenance Website

Update Friday, 25 July 2025

Kepada Para Pengelola Laman Web di UGM,

Pada Jumat, 25 Juli 20205, pukul 15.00 – 17.00 WIB akan dilakukan maintenance infrastruktur website,

sehingga beberapa/banyak website akan terkena dampak maintenance dan tidak dapat diakses.

atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

.

Tutorial

  • Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams
  • Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom
  • Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace
  • Maintenance Website
  • Workshop Manajemen Ruang Untuk Penjadwalan Kuliah
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Electronics Thesis Disertations
  • Direct Access Journal

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju