• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik
  • Home
  • Rilis Berita

Pendaftaran Hosting Untuk Unit Kerja

  • Rilis Berita
  • 15 August 2016, 10.40
  • By : ghufran.asrofi

untuk Nama Domain Baru / Perubahan

Revisi Terakhir : 06 Okt 2021

proses email

Detail Proses :

  1. Unit kerja mengirim surat ke DSSDI tentang permintaan pembuatan hosting yang ditandatangani oleh pimpinan unit kerja (Wakil Dekan terkait atau Dekan untuk Fakultas, Wakil Direktur atau Direktur untuk Direktorat, Ketua Pusat Studi untuk Pusat Studi)
  2. dikirimkan dengan Surat Fisik atau menggunakan Email Unit Kerja yang dilampiri Surat Ber Tanda Tangan Elektronik
  3. Untuk Perubahan Nama Domain, dilengkapi dengan lampiran SK Rektor tentang perubahan Nama Unit Kerja
  4. Direktur DSSDI menerima dan mendelegasikan surat ke petugas pembuat hosting.
  5. Petugas melakukan pengecekan ulang apakah alamat hosting yg diminta, bila alamat hosting sudah ada petugas akan memberitahukan ke kontak person pemohon, bila belum petugas membuat alamat hosting yang diminta.
  6. Petugas mengirim notifikasi (sms/email/telepon) ke kontak person perihal permohonan yang diajukan.

Aturan :

  1. Pihak pengguna setuju terhadap fitur-fitur yang disediakan.
  2. Dukungan teknis untuk pengguna diberikan selama jam dan hari kerja lewat email,telpon ataupun kunjungan ke DSSDI.
  3. Pihak DSSDI menyediakan layanan hosting secara gratis kepada pengguna dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada.
  4. Pemberian nama domain sesuai dengan format yang berlaku di UGM.
  5. Layanan hosting berlaku permanen.
  6. Pengelolaan domain sepenuhnya menjadi wewenang unit kerja.
  7. Penanggung jawab teknis adalah mahasiswa yang diberi wewenang oleh unit kerja.
  8. Jika terjadi perselisihan, maka penggunaan domain dibekukan sampai masalah dapat terselesaikan.
  9. Pihak pengguna layanan hosting mendapatkan dukungan secara teknis dari DSSDI.
  10. Pihak DSSDI berhak menonaktifkan domain, apabila unit kerja tidak mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan.
  11. DSSDI tidak bertanggung jawab atas isi hosting, pengguna bertanggung jawabsepenuhnya atas isi hosting.

Pelanggaran Aturan

  1. Menggunakan server DSSDI untuk kegiatan atau menyimpan hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia atau hukum yang ditetapkan di wilayah hukum tempat tinggal pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:
    • konten illegal atau sejenis.
    • Hacking, Phising, dan Phreaking.
    • Pornografi.
    • Isu SARA.
    • Periklanan, seperti Google AdSense dan sebagainya.
  2. Mengikuti standar yang diberlakukan untuk website di UGM.
  3. Pihak pengguna bertanggung jawab secara hukum sepenuhnya terhadap isi/materi file yang disimpan.
  4. Pihak DSSDI tidak bertanggung jawab atas akibat akibat yang timbul yang disebabkanoleh isi/materi file milik pihak pengguna.
  5. Mencoba merusak, mencoba mengganti data dan sistem yang berada di DSSDI yang bukan merupakan hak dari pengguna bersangkutan, atau melakukan hal yang bisa dikategorikan merugikan sistem DSSDI.
  6. Mencoba merusak,mencoba mengganti data dan sistem server milik pihak ketiga melalui server DSSDI.
  7. Pihak DSSDI tidak menyediakan bantuan untuk masalah teknis yang menyangkut isi dari direktori pengguna termasuk didalamnya melakukan perbaikan atas program.
  8. Pihak DSSDI tidak bertanggung jawab atas rusak/hilang nya data pihak pengguna secara disengaja atau tidak sengaja yang disebabkan oleh pihak manapun.
  9. Pihak DSSDI tidak menyediakan backup untuk semua data pengguna yang disimpan di web server, kecuali hosting untuk unit kerja disediakan backup.
  10. Pihak DSSDI mempunyai kewenangan untuk memantau dan memonitor isi file dengan alasan yang kuat dan jelas.
  11. Pihak pengguna bertanggung jawab atas kerahasiaan username dan password yang dipegang.
  12. Pihak DSSDI tidak bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi pada username dan password pengguna, termasuk didalamnya apabila diketahui oleh pihak yang tidak memiliki hak sebagai pengguna.
  13. Pihak pengguna disarankan untuk memilih password yang mengacu kepada faktor keamanan dan menggantinya setiap periode tertentu dengan aplikasi yang telah disediakan.
  14. Apabila unit kerja lupa password , bisa menghubungi pihak DSSDI.


Sanksi Pelanggaran Aturan

  1. DSSDI akan menonaktifkan layanan hosting tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
  2. Selama pemberhentian layanan, data yang ada di server tidak hilang.


Penggunaan kapasitas penyimpanan

  1. Kapasitas yang disediakan untuk hosting adalah 400 MB. Permintaan untuk penambahan space dapat kami layani dengan mengajukan alasan yang bisa diterima oleh DSSDI.
  2. Proses upload data untuk hosting tidak akan diproses apabila kapastias space sudah melebihi batas maksimum.

Dokumen :
–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp. (0274) 515660 | Fax. (0274) 515664

Related Posts

Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams

Tutorial Monday, 24 November 2025

Penting sebelum memulai

Breakout Rooms adalah ruang virtual terpisah yang dibuat oleh penyelenggara (dosen atau pengajar) di dalam rapat utama yang sedang berlangsung.

Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom

Tutorial Monday, 24 November 2025

Dewasa ini, penggunaan platform daring atau komunikasi berbasis video sangat lazim digunakan. Selain zoom meeting dengan kapasitas basic yang terbatas dan berdurasi sekitar 40 menit, serta google meet yang umumnya terbatas sampai 100 peserta yang hadir dalam rapat, terdapat alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan tersebut. 

Alternatif tersebut tersedia dalam Microsoft Teams 365 UGM.

Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace

Tutorial Monday, 24 November 2025

Secara umum, Google Meet sudah terintegrasi dengan ekosistem Google Workspace (Gmail, Calendar, Drive). Oleh karena itu, pengalaman rapat seringkali terasa mulus jika Anda sudah login ke akun Google, khususnya ketika menggunakan Google Workspace UGM.

Maintenance Website

Update Friday, 25 July 2025

Kepada Para Pengelola Laman Web di UGM,

Pada Jumat, 25 Juli 20205, pukul 15.00 – 17.00 WIB akan dilakukan maintenance infrastruktur website,

sehingga beberapa/banyak website akan terkena dampak maintenance dan tidak dapat diakses.

atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

.

Tutorial

  • Membuat Breakroom untuk rapat daring pada Microsoft Teams
  • Panduan Microsoft Teams sebagai alternatif pertemuan daring selain Gmeet dan Zoom
  • Google Meet: Alternatif Video Meeting dari Google Workspace
  • Maintenance Website
  • Workshop Manajemen Ruang Untuk Penjadwalan Kuliah
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Electronics Thesis Disertations
  • Direct Access Journal

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju