• Tentang UGM
  • simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
Universitas Gadjah Mada Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
  • Layanan DTI
    • Software
  • Tutorial
  • Tentang Kami
    • Sejarah
    • Struktur Organisasi
    • Penghargaan
  • Tanya Jawab
  • Informasi Publik

Maintenance Jalur Komunikasi Server

Agenda Jaringan Friday, 19 August 2016

Yang terhormat civitas akademika,

Pada hari Sabtu, tanggal 03 September 2016, pada pukul 09.00 hingga 14.00 akan dilaksanakan pemeliharan jalur komunikasi server di Pusat Data UGM.

JAR02 – Data Center

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

JAR02 – Data Center

Revisi Terakhir : 7 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Unit kerja membuat permintaan layanan penggunaan data center kepada Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi.
  2. DSSDI menindak lanjuti permintaan layanan tersebut dengan melakukan review, identifikasi dan survey komponen/produk teknologi informasi, kebutuhan teknis, finansial serta layanan yang diperlukan.

JAR01 – Keamanan Jaringan dan Server

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

JAR01 – Keamanan Jaringan dan Server

Revisi Terakhir : 21 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Pengajuan / pelaporan oleh System Security Internal, User internal dan User eksternal.
  2. Dilakukan identifikasi masalah dan penanganan masalah.
  3. Notifikasi.

Aturan :

  1. Tidak diperkenankan kegiatan hacker.
  2. Tidak boleh melakukan pencurian data.
  3. Tidak boleh melakukan scan jaringan.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

KOM22 – Penyediaan Video Streaming untuk Acara

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM22 – Penyediaan Video Streaming untuk Acara

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Pengguna/unit kerja mengajukan permohonan penyediaan video streaming yang ditujukan kepada Direktur DSSDI melalui surat resmi.
  2. Permohonan diterima DSSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan memuat informasi mengenai :
    • Waktu uji koneksi.
    • Waktu dan tempat pelaksanaan.
    • Kontak teknis unit kerja yang bersangkutan.
  3. Surat balasan dari DSSDI akan disampaikan dengan mempertimbangkan waktu dan tempat agar tidak berbenturan dengan acara yang lain.

KOM21 – Pemeliharaan Telepon VoIP

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM21 – Pemeliharaan Telepon VoIP

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Unit kerja mengajukan permohonan pemeliharaan telepon VOIP melalui surat resmi ditujukan ke Direktur DSSDI.
  2. Petugas administrasi DSSDI mencatat permintaan permohonan pemeliharaan VOIP.
  3. Kepala Seksi Telekomunikasi mengintruksikan teknisi untuk melakukan survey lokasi dan mengecek pesawat VOIP yang rusak.
  4. Teknisi Telekomunikasi melakukan pemeliharaan pesawat VOIP yang mengalami kerusakan.
  5. Teknisi Telekomunikasi melaporkan hasil kerja kepada pemohon(unit kerja).
  6. Pemeliharaan pesawat VOIP telah selesai dilaksanakan.

Aturan :

  1. Penyediaan VOIP hanya untuk unit kerja dan fakultas di Universitas Gadjah Mada.
  2. Pelaporan kerusakan harus disertai lokasi pesawat VOIP.
  3. Pemeliharaan VOIP dilakukan pada jam kerja.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

KOM20 – Pemeliharaan Telepon PSTN

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM20 – Pemeliharaan Telepon PSTN

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Bersihkan pesawat telepon dengan menggunakan alat yang sesuai.
  2. Letakkan gagang telepon dengan benar.
  3. Lakukan pemeriksaan kabel penyambung.
  4. Jika telepon mati hubungi ke bagaian teknisi komunikasi DSSDI UGM.

Aturan :

  1. Jangan menggunakan telepon pada saat tangan basah.
  2. Perhatikan gagang telepon ketika selesai menggunakannya.

KOM19 – Penyediaan Telepon VoIP

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM19 – Penyediaan Telepon VoIP

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Unit kerja mengajukan permohonan penyediaan VOIP melalui surat resmi ditujukan ke Direktur DSSDI.
  2. Petugas administrasi DSSDI mencatat permintaan permohonan penyediaan telepon VOIP.
  3. Kepala Seksi Telekomunikasi mengintruksikan teknisi untuk melakukan survey lokasi dan mengecek ketersediaan pesawat IP phone dan nomor VOIP.
  4. Teknisi Telekomunikasi melakukan pemasangan dan konfigurasi pesawat IP phone dan nomor VOIP.
  5. Teknisi Telekomunikasi melaporkan hasil kerja kepada pemohon(unit kerja).
  6. Penyediaan VOIP telah selesai dilaksanakan.

Aturan :

  1. Penyediaan VOIP hanya untuk unit kerja dan fakultas di Universitas Gadjah Mada.
  2. Permohonan harus disertai informasi lokasi pemasangan VOIP.
  3. Lokasi pasang baru harus sudah tersedia jaringan internet yang memadai.
  4. Pemasangan VOIP dilakukan pada jam kerja.
  5. Telepon VOIP hanya dipasang di tempat dimana yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

KOM18 – Teleconference Untuk eLearning

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM18 – Teleconference Untuk eLearning

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Pengguna/unit kerja mengajukan permohonan ditujukan kepada Direktur DSSDI melalui surat resmi.
  2. Permohonan diterima DSSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan memuat informasi mengenai :
    • Jumlah peserta.
    • Waktu uji koneksi.
    • Waktu pelaksanaan.
    • Kontak teknis pihak penyelenggara teleconference.
  3. Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, DSSDI akan menginformasikan keadaan tersebut kepada pengguna untuk penjadwalan ulang atau dipertimbangkan alternatif pelaksanaannya.
  4. Kontak teknis DSSDI akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Teleconference.
  5. DSSDI melayani penggunaan fasilitas Teleconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis apabila diperlukan dan bertanggung jawab (dari sisi teknis) menjaga kelancaran pelaksanaan Teleconference.

Aturan :

  1. Penyediaan fasilitas teleconference hanya untuk mahasiswa dan tenaga pendidik di Universitas Gadjah Mada.
  2. Dukungan teknis untuk pengguna diberikan selama hari dan jam kerja.
  3. Tempat penyelenggaraan di Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi.
  4. Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi hanya menyediakan perangkat teleconference dan ruang, selain kebutuhan tersebut mohon pengguna untuk mempersiapkan keperluannya.
  5. Jumlah peserta tidak boleh melebihi kapasitas ruang.
  6. Penyelenggaraan di luar hari dan jam kerja akomodasi ditanggung pemohon.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

KOM17 – Teleconference Untuk Rapat

Rilis Berita Thursday, 18 August 2016

KOM17 – Teleconference Untuk Rapat

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Pemohon (Unit Kerja) mengajukan surat ditujukan kepada Direktur DSSDI paling lambat 1 minggu sebelum acara dilaksanakan.
  2. Petugas administrasi DSSDI mencatat permohonan penyediaan teleconference.
  3. Tim telekomunikasi DSSDI melakukan pengecekan tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan teleconference.
  4. Teknisi DSSDI melakukan setting dan testing teleconference dilokasi 1 hari sebelum pelaksanaan teleconference dimulai.
  5. Teknisi DSSDI memberikan laporan kepada pemohon.
  6. Pemasangan dan setting teleconference untuk rapat telah selesai dilaksanakan.

Aturan :

  1. Penyediaan teleconference hanya untuk tenaga pendidik, dan unit kerja di Universitas Gadjah Mada.
  2. Permohonan diterima oleh DSSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan harus memuat informasi : jumlah peserta, waktu uji koneksi, waktu pelaksanaan; dan kontak pihak pemohon.
  3. Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, DSSDI menginformasikan keadaan tersebut kepada pemohon untuk mengganti waktu pelaksanaan.
  4. Kontak Teknis DSSDI akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Teleconference.
  5. DSSDI melayani penggunaan fasilitas Teleconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis dari pemohon.
    Apabila rapat dilaksanakan di luar Universitas Gadjah Mada maka akomodasi ditanggung pihak pemohon.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

KOM16 – Layanan Dreamspark Mahasiswa

Rilis Berita Tuesday, 16 August 2016

KOM16 – Layanan Dreamspark Mahasiswa

Revisi Terakhir : 08 Maret 2016

proses email

Detail Proses :

  1. Mahasiswa login dengan email UGM ke http://ugm.id/dreamspark UGM.
  2. Mahasiswa memilih software yang diinginkan, menambahkan keranjang belanja, dan mengunduh aplikasi.
  3. Mahasiswa mencatat produk key dan link unduhan software yang diinginkan.
  4. Mahasiswa memasang software yang diinginkan dan melakukan aktivasi produk.

Aturan :

  1. Mahasiswa harus menggunakan alamat email UGM untuk dapat mengakses layanan DreamSpark UGM.
  2. DreamSpark UGM ditujukan untuk kepentingan riset dan pembelajaran nirlaba bukan untuk penggunaan komersil.
  3. Mahasiswa yang akan mengunduh produk software yang ditawarkan harus menyetujui perjanjian lisensi yang ditampilkan ketika akan mengunduh software tersebut.
  4. Jika terjadi pelanggaran terhadap perjanjian lisensi oleh mahasiswa UGM, maka DSSDI berhak untuk meng-uninstall produk dari komputer mahasiswa tersebut.

Dokumen :

–

Kontak :

DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.

1…1011121314…22

Tutorial

  • Surat Edaran
  • Update Informasi tentang Internet
  • Update Simaster vNEXT Student
  • UPDATE Presensi di Simaster
  • NotebookLM: AI Pendamping Riset dan Pembelajaran bagi Sivitas UGM
Universitas Gadjah Mada

Direktorat Teknologi Informasi
Universitas Gadjah Mada
Rumah Dinas E1, Jl. Bungur Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
   dti@ugm.ac.id
   +62 (274) 515660
   +62 (274) 515664

Pranala Bantuan

  • Panduan Login Eduroam
  • Panduan Login UGM Secure
  • Panduan TIK UGM
  • Helpdesk UGM
  • UGM Speedtest
  • Aktivasi Office
  • Microsoft Office 365

Tutorial

  • Panduan Email UGM
  • Setting Akun Email UGM di Outlook
  • Setting Akun Email UGM di Android
  • Registrasi Blog UGM Untuk Mahasiswa
  • Dreamspark Mahasiswa
  • Konfigurasi Online Meeting menggunakan Skype for Business

Pranala Penting

  • Palawa
  • Unggah Mandiri UGM
  • Electronics Thesis Disertations
  • Pendaftaran KKN UGM
  • Direct Access Journal
  • Desain Integrasi SI UGM

© 2023 DTI Universitas Gadjah Mada