KOM20 – Pemeliharaan Telepon PSTN
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Bersihkan pesawat telepon dengan menggunakan alat yang sesuai.
- Letakkan gagang telepon dengan benar.
- Lakukan pemeriksaan kabel penyambung.
- Jika telepon mati hubungi ke bagaian teknisi komunikasi DSSDI UGM.
Aturan :
- Jangan menggunakan telepon pada saat tangan basah.
- Perhatikan gagang telepon ketika selesai menggunakannya.
KOM19 – Penyediaan Telepon VoIP
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Unit kerja mengajukan permohonan penyediaan VOIP melalui surat resmi ditujukan ke Direktur DSSDI.
- Petugas administrasi DSSDI mencatat permintaan permohonan penyediaan telepon VOIP.
- Kepala Seksi Telekomunikasi mengintruksikan teknisi untuk melakukan survey lokasi dan mengecek ketersediaan pesawat IP phone dan nomor VOIP.
- Teknisi Telekomunikasi melakukan pemasangan dan konfigurasi pesawat IP phone dan nomor VOIP.
- Teknisi Telekomunikasi melaporkan hasil kerja kepada pemohon(unit kerja).
- Penyediaan VOIP telah selesai dilaksanakan.
Aturan :
- Penyediaan VOIP hanya untuk unit kerja dan fakultas di Universitas Gadjah Mada.
- Permohonan harus disertai informasi lokasi pemasangan VOIP.
- Lokasi pasang baru harus sudah tersedia jaringan internet yang memadai.
- Pemasangan VOIP dilakukan pada jam kerja.
- Telepon VOIP hanya dipasang di tempat dimana yang sudah terhubung dengan jaringan internet.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
KOM18 – Teleconference Untuk eLearning
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Pengguna/unit kerja mengajukan permohonan ditujukan kepada Direktur DSSDI melalui surat resmi.
- Permohonan diterima DSSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan memuat informasi mengenai :
- Jumlah peserta.
- Waktu uji koneksi.
- Waktu pelaksanaan.
- Kontak teknis pihak penyelenggara teleconference.
- Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, DSSDI akan menginformasikan keadaan tersebut kepada pengguna untuk penjadwalan ulang atau dipertimbangkan alternatif pelaksanaannya.
- Kontak teknis DSSDI akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Teleconference.
- DSSDI melayani penggunaan fasilitas Teleconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis apabila diperlukan dan bertanggung jawab (dari sisi teknis) menjaga kelancaran pelaksanaan Teleconference.
Aturan :
- Penyediaan fasilitas teleconference hanya untuk mahasiswa dan tenaga pendidik di Universitas Gadjah Mada.
- Dukungan teknis untuk pengguna diberikan selama hari dan jam kerja.
- Tempat penyelenggaraan di Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi.
- Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi hanya menyediakan perangkat teleconference dan ruang, selain kebutuhan tersebut mohon pengguna untuk mempersiapkan keperluannya.
- Jumlah peserta tidak boleh melebihi kapasitas ruang.
- Penyelenggaraan di luar hari dan jam kerja akomodasi ditanggung pemohon.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
KOM17 – Teleconference Untuk Rapat
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Pemohon (Unit Kerja) mengajukan surat ditujukan kepada Direktur DSSDI paling lambat 1 minggu sebelum acara dilaksanakan.
- Petugas administrasi DSSDI mencatat permohonan penyediaan teleconference.
- Tim telekomunikasi DSSDI melakukan pengecekan tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan teleconference.
- Teknisi DSSDI melakukan setting dan testing teleconference dilokasi 1 hari sebelum pelaksanaan teleconference dimulai.
- Teknisi DSSDI memberikan laporan kepada pemohon.
- Pemasangan dan setting teleconference untuk rapat telah selesai dilaksanakan.
Aturan :
- Penyediaan teleconference hanya untuk tenaga pendidik, dan unit kerja di Universitas Gadjah Mada.
- Permohonan diterima oleh DSSDI selambat-lambatnya satu minggu sebelum pelaksanaan dan harus memuat informasi : jumlah peserta, waktu uji koneksi, waktu pelaksanaan; dan kontak pihak pemohon.
- Apabila waktu dan tempat pelaksanaan yang diminta berbenturan dengan acara lain, DSSDI menginformasikan keadaan tersebut kepada pemohon untuk mengganti waktu pelaksanaan.
- Kontak Teknis DSSDI akan menghubungi kontak teknis yang diberikan untuk membicarakan teknis persiapan dan pengujian koneksi untuk Teleconference.
- DSSDI melayani penggunaan fasilitas Teleconference pada hari yang ditetapkan dengan pendampingan teknis dari pemohon.
Apabila rapat dilaksanakan di luar Universitas Gadjah Mada maka akomodasi ditanggung pihak pemohon.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
KOM16 – Layanan Dreamspark Mahasiswa
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Mahasiswa login dengan email UGM ke http://ugm.id/dreamspark UGM.
- Mahasiswa memilih software yang diinginkan, menambahkan keranjang belanja, dan mengunduh aplikasi.
- Mahasiswa mencatat produk key dan link unduhan software yang diinginkan.
- Mahasiswa memasang software yang diinginkan dan melakukan aktivasi produk.
Aturan :
- Mahasiswa harus menggunakan alamat email UGM untuk dapat mengakses layanan DreamSpark UGM.
- DreamSpark UGM ditujukan untuk kepentingan riset dan pembelajaran nirlaba bukan untuk penggunaan komersil.
- Mahasiswa yang akan mengunduh produk software yang ditawarkan harus menyetujui perjanjian lisensi yang ditampilkan ketika akan mengunduh software tersebut.
- Jika terjadi pelanggaran terhadap perjanjian lisensi oleh mahasiswa UGM, maka DSSDI berhak untuk meng-uninstall produk dari komputer mahasiswa tersebut.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
Update informasi ada pada link dssdi.ugm.ac.id/layanan
KOM13 – Aktivasi MS Office Untuk Mahasiswa
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Pemohon/Pendaftar aktivasi MS.Office dapat mendaftarkan melalu alamat URL : https://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket ,silahkan login menggunakan email UGM untuk mendapatkan tiket aktivasi Aplikasi.
- Silakan download file iso (installer MS Office) melalui alamat URL : https://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket.
- Silakan download aplikasi (program) bantu aktivasi MS.Office UGM melalui alamat URL : https://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket.
- Simpan / ambil tiket yang didapat untuk proses aktivasi.
Aturan :
- Pihak DSSDI menyediakan layanan Aktivasi MS OFFICE secara gratis kepada pengguna dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada.
- Pemohon/Pendaftar aktivasi MSOFFICE dapat mendaftarkan melalu alamat URL : https://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket.
- Tiket yang sudah didapatkan, mempunyai batas waktu penggunaan selama 1 bulan sejak tanggal pengajuan.
- Setiap mahasiswa (pengguna) berhak mengajukan 2 kali aktivasi MS OFFICE melalui aplikasi https://layanan.dsdi.ugm.ac.id/tiket , selama masih menjadi mahasiswa aktif di Universitas Gadjah Mada.
- Pihak pengguna layanan aktivasi MS OFFICE mendapatkan dukungan secara teknis dari DSSDI.
- Pihak DSSDI berhak penuh untuk melakukan tindakan yang perlu, seperti peringatan ataupun bloking, apabila pengguna tidak mematuhi aturan aturan yang telah ditetapkan.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
KOM12 – Aktivasi OS Windows
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Civitas akademika (tenaga pendidikan atau tenaga kependidikan) membawa dan mengajukan aktivasi ke kantor DSSDI.
- Petugas aktivasi (Seksi Aplikasi dan Layanan Teknologi Informasi) DSSDI akan menerima pengajuan.
- Petugas memeriksa kelengkapan, seperti tanda pengenal dan sistem operasi yang digunakan.
- Petugas melakukan proses aktivasi sistem operasi MS.Windows.
- Civitas akademika memeriksa aktivasi yang telah dilakukan.
Aturan :
- DSSDI menyediakan layanan aktivasi sistem operasi Windows secara gratis.
- Pengguna akan mendapatkan dukungan secara teknis dari DSSDI.
- Pengguna mengisi form serta menunjukkan tanda pengenal (KTM/Karpeg) civitas akademika UGM.
- Pengguna dapat langsung datang ke DSSDI atau melalui petugas yang ada di tiap unit kerja (fakultas) untuk proses aktivasi.
- Pengguna membawa perangkat komputer/laptop ke DSSDI atau unit kerja untuk proses aktivasi.
- Segala sesuatu yang menyangkut data pengguna, bersifat rahasia dan tidak akan dipublikasikan oleh DSSDI.
- DSSDI tidak akan bertanggung jawab atas rusak/hilang-nya data pihak pengguna secara sengaja atau tidak sengaja yang disebabkan oleh pihak manapun, yang berakibat hilangnya lisensi sistem operasi Windows.
Dokumen :
–
Kontak :
DSSDI UGM, Email : dsdi@ugm.ac.id | Telp.
KOM11 – Pendaftaran Hosting untuk Acara/Event
Revisi Terakhir : 08 Maret 2016
Detail Proses :
- Unit kerja atau panitia acara mengajukan permintaan hosting / domain ke DSSDI, dengan melalui email atau surat, diketahui oleh oleh pimpinan unit kerja.
- DSSDI menerima serta cek ketersediaan hosting yang diminta.